Budiman Darmansjah

Just My Personal Blog site

10 Kesalahan Fatal On Line # 9 – Tidak Membangun Personal Branding

10 Kesalahan Fatal OnLine # 9 – Tidak Membangun Personal Branding

Ini adalah lukisan berjudul ‘Ode to Evita Nuh’ karya Uji Handoko / Uji Hahan. Karya tahun 2009 ini merupakan bagian dari pameran tunggal pertama Hahan dengan tema “No Canvas Today”. Semua karya dalam pameran itu yang sebagian besar lukisan dilukis di atas teakboard terpola dan karton.

 

Objek dalam karya ini adalah Evita Nuh, seorang blogger fashion yang saat itu berusia 13 tahun. Karya ini menandai era mulai tumbuhnya blogger-blogger muda dari bidang2 kreatif di Indonesia.
Hahan mengkomunikasikan lifestyle generasi millennial Indonesia saat itu. Evita Nuh suka dengan bidang fashion dan aktif memposting artikel2 fashion di dalam blognya. Sampai hari ini followernya terus bertambah. Di awal 2018 akun Instagram nuhevita sudah mencapai 72K followers. Postingnya per 31 Des 2017 Evita Nuh dengan blazer putih bergaris mendapatkan 4.291 likes … bandingkan dengan posting 4 November 2012 dimana Evita Nuh bercelana panjang merah dengan membawa tas hitam menampilkan fashion saat itu baru mendapatkan 325 likes.

Sejalan dengan Evita Nuh karier Hahan juga terus berkembang. Hahan mengeksplorasi kehidupan seniman kontemporer termasuk dirinya dalam dinamika pasar seni rupa. Era ini adalah era barang seni mulai diposisikan sebagai salah satu produk investasi alternative. Pendekatannya yang out of the box banyak menghasilkan karya2 yang sangat kekinian. Performance art Hahan tentang dinamika pasar seni rupa mungkin baru pertama di dunia Hahan yang melakukannya.

Evita Nuh dan Hahan adalah 2 contoh studi kasus generasi Y Indonesia yang sukses membangun Personal Branding lewat Internet. Saat ini era terbaik karena Internet dan social media membuat jadi mudah dan murah. Dalam era Disruptive (Kehancuran) yang akan sukses hanya yang membangun Personal Branding sendiri. Yang tidak membangun Personal Branding akan tersisih dan tidak bisa memenangkan persaingan. Pentingnya membangun Personal Branding ini dijelaskan dalam buku You, Inc. The Art Of Selling Yourself karangan Harry Beckwith dan Christine Clifford Beckwith. Sebagai founder Beckwith Advertising and Markerting, Harry Beckwith mengajarkan apapun produk yang dijual komponen terpenting dari penjualan itu adalah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *