Budiman Darmansjah

Just My Personal Blog site

Kelebihan Packaging Makanan berbahan Kertas Food Grade

Kelebihan Packaging Makanan berbahan Kertas Food Grade

Berbagai macam Packaging / Wadah makanan dengan berbagai jenis bahan yang berbeda mulai dari wadah plastik, styrofoam dan kertas. Packaging makanan pada dasarnya berguna sebagai alat bantu untuk mengemas makanan agar mudah untuk dibawa kemana-mana. Namun tidak semua bahan yang digunakan untuk packaging makanan adalah produk yang boleh kontak langsung dengan makanan atau yang biasa disebut dengan Foodgrade.

Berikut penjelasannya:

1. Styrofoam
Di Indonesia packaging dengah bahan styrofoam memang banyak sekali digunakan oleh pengusaha-pengusaha makanan dikarenakan harganya yang ekonomis dan bentuknya yang ringan serta tahan cairan atau tidak tembus cairan. Padahal styrofoam TIDAK TERMASUK jenis bahan FOODGRADE karena terbuat kandungan dioctyl phthalate (DOP) yang menyimpan zat benzen, suatu larutan kimia yang sulit dilumat oleh sistem percernaan. Benzen ini juga tidak bisa dikeluarkan melalui feses (kotoran) atau urine (air kencing). Akibatnya, zat ini semakin lama semakin menumpuk dan terbalut lemak. Inilah yang bisa memicu munculnya penyakit kanker. Selain berefek negatif bagi kesehatan, styrofoam juga tak ramah lingkungan. Karena tidak bisa diuraikan oleh alam, styrofoam akan menumpuk begitu saja dan mencemari lingkungan. Styrofoam yang terbawa ke laut dapat merusak ekosistem dan biota laut.

2. Plastik
Plastik digunakan sebagai kemasan makanan karena ringan, tidak mudah pecah, dan murah. Akan tetapi beberapa jenis plastik mengandung Bisphenol A (BPA) juga beresiko terhadap kesehatan tubuh. Namun plastik dengan kandungan bahan Polyethylene (PE) aman digunakan untuk kemasan makanan sekali pakai, dan Polycarbonate (PC) yang biasa terkandung pada botol galon, piring, gelas, mangkuk melamin, dan botol susu termasuk jenis FOODGRADE.
Selain berbahaya bagi makanan, penggunaan produk plastik seperti tas kresek, sedotan bagi kehidupan manusia juga sangat merugikan lingkungan. Karena kandungan dari bahan plastik tidak mudah di urai oleh alam, atau butuh waktu selama 1000 tahun bagi alam untuk bisa mengurainya.
Ini Risiko Memilih Kantong Kresek untuk Wadah Makanan

 


3. Kertas Foodgrade
Packaging makanan yang terbuat dari bahan kertas ini sangatlah cocok dan tepat untuk product makanan terutama kertas FOODGRADE yang sudah terbukti dan diakui aman bagi kesehatan. Bahan baku kertas sangat ramah lingkungan, mudah terurai dengan tanah. Ditambah lagi kertas mudah untuk dibuat menarik, mudah untuk dicetak dengan warna dan mudah untuk dibuat berbagai bentuk.

Kesan yang akan dimiliki produk tersebut akan menjadi ekslusif apabila dibuat dengan bahan baku kertas foodgrade. Dan secara tidak langsung akan mempromosikan produk anda lewat pelanggan.

Produk Kertas Foodgrade Foopak Tersedia di :

PT. Spectra Alam Sejahtera
Jl. Jembatan Tiga no. 36CG
Penjaringan
Jakarta Utara
Telp. 021-66696660
Email : spectraalamsejahtera@gmail.com
www.spectraalamsejahtera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *